Cara Memeriksa Pompa Bensin Lengkap Beserta Cara Bongkar Pasang Pompa Bahan Bakar

Cara Memeriksa Pompa Bensin Lengkap Beserta Cara Bongkar Pasang Pompa Bahan Bakar
Memeriksa Pompa Bensin, Pemeriksaan pompa bensin dapat dilakukan saat motor sedang dijalankan maupun dalam keadaan mati, tergantung pada perlengkapan yang tersedia. Jenis-jenis pemeriksaan pompa sebagai berikut:

Pemompaan (Priming) 

Memeriksa pemompaan dapat dilakukan pada motor atau di luar motor.

Pada Motor 

Hidupkan motor starter kira-kira 20 detik. ]ika pompa dapat mengeluarkan bensin, berarti pompa baik. Apabila motor tidak dapat distart, lepaskan sekrup atau baut pengikat pompa, kemudian keluarkan tuas pengungkit pompa tanpa melepaskan pipa bensin yang dari tangki. Lakukan pemompaan dengan tangan kira-kira 30 langkah. Pada kebanyakan kendaraan, pompa bensin sering dilengkapi dengan tuas pompa pembantu tersendiri. Apabila tidak ada bensin yang mengalir, kemungkinan pompa rusak, mungkin klepnya tidak terpasang dengan baik.

Di Luar Motor

Lepaskan pompa dari motor, kemudian pasangkan pipa atau selang bensin sepanjang 80 cm pada saluran masuk pompa dan masukkan ujung yang lain ke dalam sebuah tempat yang diisi dengan minyak tanah. Pegang pompa bensin kira-kira 80 cm di atas tempat minyak tadi, kemudian pompa dengan tangan. Pompa yang masih baik akan mulai mengeluarkan/­mengalirkan minyak tanah pada langkah yang ketiga puluh atau kurang.

Pengaliran Bensin

Tiga macam cara pemeriksaan pengaliran bensin, yaitu dengan melihat semburan bensin dari Pompa percepatan, melihat aliran bensin melalui sumbat ruang pelampung, atau dengan memeriksa aliran bensin dari pipa bensin ke karburator.

Semburan Pompa Percepatan

Lepaskan saringan udara, kocok pedal gas dan lihat semburan bensin di lubang karburator, bila perlu pakailah lampu sorot agar semburan bensin dapat terlihat dengan jelas. Tiap langkah pompa seharusnya mengeluarkan semburan bensin yang menandakan dalam ruang pelampung terdapat bensin. Tidak adanya bensin yang menyembur ke dalam lubang karburator, ini menandakan bahwa ruang pelampung tidak terisi bensin karena pompa percepatan tidak bekerja.

Melalui Sumbat Pelampung

Cara ini hanya dapat dilakukan pada karburator yang dilengkapi dengan sumbat ruang pelampung. Kendorkan sumbat pelampung, tanpa melepasnya, kemudian perhatikan bensin yang keluar melalui sumbat tersebut. Jika tidak ada, berarti ruang pelampung kosong.

Melalui Pipa yang ke Karburator

Lepaskan pipa bensin menuju karburator kemudian tekan tombol starter. Jika tidak ada bensin yang keluar lewat pipa tersebut, pasti tidak akan ada bensin yang mengalir ke karburator.

Vakum

Pompa bensin yang keadaannya baik dan klep-klepnya duduk dengan baik, dapat membangkitkan hampa udara (vakum) sekitar 6-10 inci air raksa. Pemeliharaan vakum perlu dilakukan jika pompa tidak mengalirkan bensin dan dalam pemeriksaan secara menyeluruh untuk menentukan letak sumber gangguan.

Lepaskan pipa bensin dari saluran masuk pompa kemudian pasang alat pengukur vakum dan tekan tombol starter, selanjutnya perhatikan jarum pengukur. Dalam beberapa putaran, jarum vakum harus naik dari 6-10 inci. Hentikan motor starter dan biarkan jarum vakum turun sampai nol. Bagi pompa yang baik, jarum pengukur akan kembali ke nol dalam waktu tidak kurang dari 1 menit. Jika pemeriksaan vakum menunjukkan keadaan baik, pasangkan kembali pipa bensin kemudian hidupkan motor hingga karburator terisi bensin sebelum melanjutkan pemeriksaan.

Tekanan

Cara Memeriksa Pompa Bensin
Mekanisme pelampung pada karburator dirancang untuk membatasi jumlah bensin di dalam ruang pelampung dengan jalan menghentikan aliran bensin yang masuk ke karburator pada tinggi permukaan tertentu dan tekanan tertentu pula. Jika tekanan bensin yang mengalir ke karburator rendah, tinggi permukaan bensin di dalam ruang pelampung juga akan rendah. Sebaliknya, jika tekanan bensin yang mengalir tadi tinggi, permukaan bensin di ruang pelampung juga tinggi.

Tekanan bensin yang rendah memungkinkan terjadinya penguapan bensin di ruang pompa dan di pipa bensin antara pompa dan karburator. Tekanan bensin yang lebih tinggi mengurangi kemungkinan terjadinya penguapan.

Lepaskan pipa bensin menuju karburator dari pompa bensin dan pasang pengukur tekanan pada saluran pembuang pompa. Tekan tombol starter dan perhatikan jarum pengukur tekanan. Dalam beberapa putaran, tekanan pompa akan naik mencapai maksimum. Kebanyakan mekanisme Pelampung direncanakan untuk tekanan 3-5 pound, dengan toleransi 1 -1,5 pound lebih rendah atau lebih tinggi.

Langkah

Keausan eksentrik atau batang penekan pompa akan mengurangi langkah pompa dan mengakibatkan berkurangnya volume aliran bensin ke karburator, terutama pada saat beban penuh atau pada kecepatan maksimum. Jika pompa mengalami keausan, kelonggaran akan bertambah besar pada tiap titik putar mulai dari tuas pompa sampai membran sehingga mengurangi langkah membran. Keadaan itu akan mengakibatkan motor kehilangan dan tidak dapat mencapai kecepatan maksimum.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memeriksa Pompa Bensin Lengkap Beserta Cara Bongkar Pasang Pompa Bahan Bakar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel