Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jitu Memperbaiki Motor Mogok Tidak Mau Nyala

Sahabat semua di blog yang akan membahas mengenai otomotif bersama. Tentu kalian kadang pernah mengalami ataupun menemukan, saat di jalan menemui kendala sepeda motor baik kendaraan milik sendiri maupun milik teman ataupun sekitar yang melewati jalan jauh dari Perumahan. Tiba-tiba motor Anda mogok jauh dari Perumahan, mau minta tolong sama siapa? 

Cara Memperbaiki Motor

Yang perlu kalian perhatikan adalah harus selalu membawa kunci ya minimal itu kunci pas 8/10 ataupun L5 untuk motor yang kemungkinan adalah motor karburator. 

Yang pertama adalah jika kendaraan kalian mogok periksa terlebih dahulu tangki bensin, sampai kalian memeriksa keseluruhannya Namun ternyata kendaraan kalian bensin ternyata habis. Seperti pengalaman teman saya dulu, ada motor mogok masuk ke bengkel lalu semuanya sudah dicek dari mulai pengapian, kompresi, dan lain sebagainya. Ternyata adalah bensinnya habis dan semuanya pun tertawa, Itu adalah kelalaian dari seorang mekanik. Oke kembali lagi ke permasalahan atau beberapa trouble shooting dari kendaraan motor anda. Jika anda menemui motor anda mogok hal yang perlu dicek,

Pertama adalah kembali lagi seperti tadi yaitu tangki bensin pastikan bensin Anda cukup. Selanjutnya periksa kompresi dengan cara membuka lubang busi buka dulu businya dilepas lalu tutup dengan jempol tangan kalian. Untuk memastikan seberapa kuat kompresinya, jika dirasa kompresnya cukup selanjutnya. 

Kedua mengecek pengapian, dengan cara melepas kabel koil untuk mengecek pengapian cukup atau tidak atau ada atau tidak. Jika dari kabel koil mengeluarkan api secara cukup berarti tidak ada masalah dengan pengapian. 

Namun jika dari koil itu tidak ada api jangan mencari permasalahan pengapian secara acak. Setelah diketahui tidak ada pengapian kita langsung urut dari spul ya ada berbagai macam kabel di spul. Pastikan kalian mengecek kabel output dari spul yang menuju CDI ataupun jika motor Anda DC dari spull menuju kiprok pastikan ada pengapian. Di situ biasanya untuk motor seperti Vega ZR atau Vega R new itu harus dua kabel ya dua kabel ditemukan lalu tempelkan ke masa ataupun ground, jika ada percikan berarti dari sepul tidak ada masalah. 

Lalu selanjutnya adalah output dari kiprok jika tidak ada permasalahan, namun jika Iya ada masalah lanjut untuk mengecek CDI kabel output dari CDI ke coil. Berbagai macam warna namun pastikan kabel output itu yang biasanya yang langsung menempel di koil ya. Harus di cek di situ ada percikan ataupun pengapian, berarti tidak ada masalah. Namun jika dirasa pengapiannya kurang cukup, kemungkinan CDI sudah lemah sampai sini Kita sudah memahami permasalahan dari pengapian. 

Namun jika tidak ada masalah dari pengapian, kita akan lanjut ke karburator ataupun bahan bakar. Namun, jika ada permasalahan pastikan diganti terlebih dahulu dibersihkan ataupun dengan diperbaiki. Oke, selanjutnya kita mengecek karburator, Apakah ada sumbatan atau kalau memang kotor Apakah ada air di dalam karburator. Bersihkan semuanya lalu pasang kembali dan mudah-mudahan motor logo sudah terasa teratasi dengan baik. 

Posting Komentar untuk "Cara Jitu Memperbaiki Motor Mogok Tidak Mau Nyala"