3 Cara Mudah Mengatasi Atau Menghilangkan Suara Nembak Pada Knalpot

 CaraMudah Mengatasi Atau Menghilangkan Suara Nembak Pada Knalpot
3 Cara Mudah Mengatasi Atau Menghilangkan Suara Nembak Pada Knalpot - Anda semua pasti pernah mendengar suara knalpon motor nembak, bahkan itu mungkin pernah terjadi pada motor anda sendiri saat melemaskankan gas motor. Saat suara keras kadang bikin kita kaget, hal ini memang sering membuat kita kesal. Apalagi jika anda sudah pernah mencoba memperbaikinya di berbagai bengkel, namun tetap saja pada knalpot motor anda masih nembak. Ya, banyak sekali penyebab yang membuat knalpot nembak dan tidak semua bengkel motor bisa mengatasinya. Inti dari terjadinya knalpot nembak adalah saat campuran bahan bakar dan udara yang tidak terbakar sempurna oleh busi saat langkah kompresi di runang bakar, hal ini menyebabkan suara meletup yang diakibatkan oleh proses setelah pembakaran atau after burn. Hal ini terjadi saat campuran bahan bakar dan udara yang tidak terbakar sempurna lolos keluar knalpot. Hal ini di sebabkan Pertama, adanya masalah pada parts yang memproses sebelum proses pembakaran. Kedua, pengapian yang tidak berhasil membakar sempurna gas campuran bahan bakar dan udara. Dan Ketiga, tidak berfungsinya parts yang memproses gas sisa setelah pembakaran, yaitu AIS (air induction system). Sebenarnya banyak cara Mengatasi Knalpot Nembak Pada Motor, tapi intinya hanya itu. Kita hanya butuh sedikit kesabaran saja untuk bisa benar-benar menghilangkan suara nembak pada motor. Baik, kita sekarang langsung mulai menelusuri penyebab utama dari knalpot nembak dan cara mengatasinya.

Pertama, adanya masalah pada parts yang memproses sebelum proses pembakaran yaitu karburator. Cara mengatasinya anda cek pilot screw, anda tidak harus menyetel dengan setelan yang sesuai standar motor. Karena baik dari umur maupun kondisi dari setiap karburator tidak sama. Untuk putarannya bisa anda bayangkan seperti menyetel guitar. Apakah berpatokan pada berapa putaran pada setiap senar guitar meskipun merk dan tipe guitar sama, tidak begitu bukan?? hal itu sama halnya dengan menyetel setelan udara pada karburator. Caranya besarkan setelan gas, setelah itu putar setelan udara sampai sekiranya menghasilkan suara RPM tertinggi. walaupun cuma 3/4 putaran kalau memang sudah tepat ambil saja di putaran tersebut. Selanjutnya kita kecilkan kembali setelan gas sampai langsam. Setelah itu anda bisa juga harus mengecek filter udara, karena jika filter udara kotor bisa menghambat masuknya udara ke karburator. Untuk filter udara elemen basah bisa menggantinya setiap 15.000 km.

Kedua, pengapian yang tidak berhasil membakar sempurna gas campuran bahan bakar dan udara. Masalah yang saat ini anda hadapi adalah knalpot nembak, jadi untuk pengapian anda cukup cek busi saja, anda bisa membersihkannya dan menyetel gap busi pada 0,7 mm. namun jika busi kondisinya sudah lemah tentu anda bisa menggantinya dengan yang baru. Hati-hati saat membeli busi, anda harus teliti, meskipun ukuran busi yang tertulis pada leher busi sama, dan terlihat panjang kepala busi sama. Tapi cek dengan teliti apakah busi yang anda beli diameter kepala busi ukurannya sama dengan busi standar motor anda, karena jika ukuran diameter kepala busi lebih besar sangat berbahaya, karena bisa membuat lubang busi ulirnya rusak.

Dan Ketiga, tidak berfungsinya parts yang memproses gas sisa setelah pembakaran yaitu AIS (air induction system). Jika dengan cara pertama dan kedua, motor anda tetap mengeluarkan suara letupan, cara yang terakhir adalah dengan menutup lubang AIS (air induction system). Memang pada saat ini pabrikan motor yang menerapkan AIS (air induction system), perlu ada inovasi yang jauh lebih baik, karena banyak terjadi motor yang baru hitungan bulan saja sering nembak disebabkan oleh tidak berfungsinya AIS. Cara paling hemat dan paling mudah adalah dengan menutup lubang AIS, caranya lepas selang dari lubang AIS, lalu tutup dengan baut. Untuk hasil maksimal anda bisa snai lubang AIS, sehingga saat di pasang baut lubang AIS benar-benar tertutup dengan rapat. Anda juga bisa menambahkan siltip pada baut sebelum memasang baut pada lubang AIS, untuk hasil lebih maksimal. Untuk cara terakhir ini saya yakin suara knalpot nembak pada motor anda bisa benar-benar hilang. SELAMAT!

Semoga informasi di atas benar-benar bisa membantu mengatasi masalah pada motor anda saat ini, terimakasih sudah berkunjung di blog ini. Anda bisa memberi masukan atau pertanyaan pada kolom komentar di bawah.

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Mudah Mengatasi Atau Menghilangkan Suara Nembak Pada Knalpot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel