Belajar dan Mengenal Fungsi Komponen Mesin Kendaraan Motor Bensin

Belajar dan Mengenal Fungsi Komponen Mesin Kendaraan Motor Bensin
Kendaraan bermotor saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan utama untuk mobilitas dan aktivitas semua kalangan sehari-hari. Tentunya kendaraan bermotor harus selalu prima supaya aktivitas kita sehari-hari tidak terganggu. Bagaimana kira-kira saat berangkat ke kantor tiba-tiba motor mati mogok di jalan, Nah oleh sebab itu pemilik kendaraan bermotor harus melakukan perawatan secara berkala baik oleh sendiri maupun oleh mekanik di bengkel, perawatan berkala atau biasa di sebut Tune-Up ini berfungsi untuk mengembalikan performa mesin sesuai dengan standarnya. Jadi pemilik kendaraan baik lingkupnya di bidang otomotif atau selain otomotif wajib tahu minimal nama dan komponen mesin kendaraan baik motor maupun mobil serta cara kerjanya.

Belajar dan Mengenal Fungsi Komponen Mesin Kendaraan

Kendaraan di jalan meliputi truk (truck), bus (bus) dan kendaraan penumpang (passanger car). Truk dan bus biasa diklasifikasikan dalam tiga atau empat kategori, yaitu ringan, sedang besar/berat dan sangat besar/berat. Kendaraan penumpang adalah kendaraan untuk orang dengan kapasitas antara 10-15 orang, dan kendaraan inilah yang biasa disebut sebagai kendaraan ringan atau orang sering menyebutnya dengan istilah "mobil”. Kendaraan bermotor juga penggunanya tidak kalah banyaknya perlu di ketahui Indonesia masih jadi pasar sepeda motor ketiga di dunia.

Baik langsung saja kita sedikit mengenal jenis kendaraan mobil berdasar letak mesin dan roda penggerak diklasifikasikan menjadi 5, yaitu :
  1. Front engine rear drive (FR) yaitu mesin terletak di bagian depan dari kendaraan dan menggerakkan roda-roda belakang.
  2. Front engine front drive (FF) yaitu mesin terletak di bagian depan kendaraan dan menggerakkan roda-roda depan.
  3. Rear engine rear drive (RR) yaitu mesin terletak di bagian belakang kendaraan dan menggerakkan roda-roda belakang.
  4. Mid engine rear drive (MR) yaitu mesin terletak di bagian tengah kendaraan dan menggerakkan roda-roda belakang
  5. Four wheel drive (FWD) yaitu mesin terletak di bagian depan/ tengah dari kendaraan dan menggerakkan roda-roda depan dan belakang.

Selain berdasar klasifikasi di atas, ada juga yang hanya mengklasifikasikan berdasarkan roda-roda yang menjadi penggerak kendaraan, sehingga hanya terbagi menjadi 3, yaitu :
  • Front wheel drive (FWD) yaitu roda-roda depan yang menjadi penggerak kendaraan.
  • Rear wheel drive (RWD) yaitu rodaroda belakang yang menjadi penggerak kendaraan.
  • Four wheel drive (4WD) atau all wheel drive (AWD) yaitu semua roda atau rodaroda depan dan belakang yang menjadi penggerak kendaraan. 

Nama Komponen Mesin dan Fungsinya


Cylinder Head (Kepala Silinder)

Tempat kedudukan katup, poros penggerak katup mesin OHC, Rockershaft assembly, dan ruang bakar.

Cylinder Block (Blok Silinder)

Tempat kedudukan katup, poros engkol, water jacket, pompa air, liner, poros pengerak katup mesin.

Rocker Valve Assembly

Komponen yang terhubung dengan rocker arm. Komponen-komponen tersebut seperti rocker arm, poros rockershaft, pegas, pin pengunci pegas.

Crank Shaft (Poros Engkol) 

Memutar poros penggerak katup, menggerakkan turun naiknya piston dan memutar kopling
 

Cam Shaft (Poros Penggerak Katup) 


Komponen yang menggerakkan rocker arm dan untuk mengatur timming klep masuk dan dan klep buang membuka dan menutup serta memutar distributor.

Rockershaft (Lengan Penggerak Katup) 

Komponen yang menggerakkan naik-turunnya katup untuk menutup dan membuka pada ruang bakar. 

Valve (Katup)

Sebagai pintu laluan untuk masuknya gas masuk dan gas buang keluar dan menjamin kompresi pada mesin dan menjaga proses kerja motor 4 tetap dapat berlangsung, seperti langkah isap, langkah kompresi, langkah usaha, dan langkah buang. 


Piston

Komponen yang mengisap gas dari karburator dan mendorong/mengeanrkan gas buang serta memutar poros engkol saat terjadi ledakan akibat pembakaran pada mesin. 

Belajar dan Mengenal Fungsi dan Komponen Mesin Kendaraan bermotor

Ring Piston

Sebagai alat perapat pada piston sehingga piston dapat menghisap gas masuk dari karburator dan mendorong/mengeluarkan gas buang, memadatkan kompresi dan mengikis minyak oli pada dinding tabung silinder. 

Connecting Rod (batang penggerak piston) 

Berfungsi untuk menghubungkan poros engkol dan piston. Di samping itu, connecting rod berfungsi mengubah gerak putar poros engkol menjadi gerak turun-naik. Akibatnya, piston bergerak turun-naik dalam lubang silinder. 

Mekanisme Katup 

Adalah komponen-komponen mesin yang bertujuan menggerakkan katup. Komponenkomponen tersebut adalah poros engkol, poros penggerak katup, botol katup batang pendorong pengerak katup (push rod), penggerak katup (rocker arm), dan katup. 

Demikianlah informasi mengenai Belajar dan Mengenal Fungsi Komponen Mesin Kendaraan Motor Bensin, semoga bermanfaat. Jika ada yang ditanyakan kita diskusi di kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Belajar dan Mengenal Fungsi Komponen Mesin Kendaraan Motor Bensin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel