3 Penyebab Motor Menjadi Boros Bahan Bakar Dan Cara Ampuh Mengatasinya

3 Penyebab Motor Menjadi Boros Bahan Bakar Dan Cara Ampuh Mengatasinya - Anda mungkin saat ini sedang bingung karena motor anda menjadi boros tidak seperti biasanya, hal ini memang tidak seharusnya terjadi dan tidak diinginkan oleh siapapun setiap pemilik kendaraan bermotor. Penyebab motor menjadi boros sebenarnya hanya 3 point besar yaitu. Pertama, sikap pengendara saat mengendarai sepeda motor. Kedua, kondisi medan jalan dan Ketiga, ada parts yang tidak terpasang dengan sempurna atau rusak. Untuk mempermudah cara mengatasi motor boros bahan bakar, anda harus tahu terlebih dahulu penyebab motor menjadi boros. 3 point besar di atas bisa menjadi gambaran penyebab motor menjadi boros. Namun untuk bisa mengatasi motor yang menjadi boros tidak cukup dengan gambaran 3 point besar di atas saja, tetapi kita harus tahu lebih detail. Dari 3 point besar diatas saya akan mejelaskannya di bawah lebih detail, Okey pangsung saja.

Pertama, sikap pengendara saat mengendarai sepeda motor, Ya cara pemakaian gas sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar pada motor apa lagi jika motor anda matic. Langsung menarik gas dengan penuh dan mengerem mendadak di lakukan dengan berulang-ulang, hal ini bukan hanya membuat motor anda menjadi boros tetapi mudah merusak beberapa parts motor anda. Seperti piston dan boring lebih cepat aus, kampas rem, rantai, kampas kopling, ban dan beberapa part lainnya.

Kedua, Kondisi medan jalan, jika anda merasa sikap anda saat mengendarai sepeda motor sudah baik, kemungkinan rute jalan yang sering anda lewati saat ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Medan jalan yang rusak atau naik turun menyebabkan motor anda menjadi lebih boros bahan bakar.

Ketiga, ada parts yang tidak terpasang dengan sempurna atau rusak, maksud dari parts yang tidak terpasang sempurna adalah contohnya rantai motor anda kendur, atau seperti leher roda seret karena kotoran maupun karat. Untuk point ketiga ini anda harus memeriksanya dengan teliti. Pada tahap ini ada beberapa langkah yang harus anda lakukan yaitu dengan memeriksa rantai, jika kendur stel rantai motor anda namun jika rantai sudah melintir atau gear habis sebaiknya anda menggantinya 1 set dengan yang baru. Lalu periksa putaran roda, apakah berputar dengan lancar, jika seret cek apakah leher roda seret karena karat dan kotoran atau seret karena tuas kampas rem belakang berkarat. Sehingga saat anda menginjak pedal rem, posisi kampas rem setengah mengerem karena tuas kampas rem tidak kembali seperti semula. Cara mengatasinya, bersihkan saja dengan amplas dan sedikit lumasi tuas rem dengan pelumas.

Selanjutnya bersihkan filter udara dan karburator kalau bisa bersihkan karburator dengan karbu cleaner, setelah itu stel pilot screw atau setelan angin pada karburator. Sebelum melakukan langkah ini periksa tangki bahan bakar apakah ada yang bocor, juga selang bahan bakar yang terhubung langsung kekarburator apakah ada rembesan yang di sebabkan karet selang sudah tidak elastis lagi. Untuk hasil maksimal, stel klep motor anda karena jika klep terlalu longgar atau klep terlalu rapat membuat tenaga motor tidak maksimal meski anda menarik gas sampai penuh.

Setelah anda memeriksa dan memperbaiki dari pedoman 3 point di atas, bukan hanya konsumsi bahan bakar menjadi hemat kembali namun juga motor menjadi prima kembali. Untuk selanjutnya lakukanlah perawatan secara berkala agar motor anda selalu prima dan selalu hemat bahan bakar. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, jika ada masukkan ataupun pertanyaan anda bisa ajukan pada kolom komentar di bawah. Dan jika anda merasa artikel ini bermanfaat, anda bisa membagikan posting ini ke media sosial anda. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "3 Penyebab Motor Menjadi Boros Bahan Bakar Dan Cara Ampuh Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel