5 Tips Aman Berkendara Motor Saat Musim Hujan

Banjir dan Musim hujan memang sudah menjadi langganan sebagian besar daerah di Indonesia. Dan ternyata berkendara saat hujan atau setelah hujan sangat berbahaya untuk pengendara sepeda motor roda dua maupun roda empat, penyebabnya adalah dari mulai jarak pandang yang terbatas maupun licinnya jalan yang tidak memungkinkan saat mengerem kendaraan secara mendadak. dengan itu OtomotifStudi untuk posting hari ini akan memberikan Tips Paling Aman Berkendara Saat Musim Hujan.

1. Gunakan Helm Standar SNI, Dengan Menggunakan helm SNI bukan hanya meminimalkan resiko benturan saat terjadi kecelakan. Namun juga sangat membantu jarak pandang kita lebih baik, dengan adanya pelindung kaca pada helm sehingga melindungi kita dari air hujan.

2. Periksa Kondisi Ban, Baik dalam keadaan musim hujan, musim kemarau maupun akan menempuh medan jalan seperti apa saja. Komponen yang paling harus di perhatikan adalah memeriksa kondisi ban, apakah masih layak pakai atau tidak (sudah botak). Pada saat hujan, tekanan udara ban sebaiknya di kurangi, untuk meminimalkan resiko roda selip.

3. Periksa Komponen Utama Kontrol Kendaraan, dari mulai kemudi (segitiga) seimbang atau tidak juga balhub ciri-cirinya kemudi seret, kemudian periksa gas dan kopling juga pedal rem dan kondisi kampas rem masih berfungsi dengan baik.

4. Periksa Lampu Utama Dan Lampu Sein, Saat hujan sangat wajib untuk menghidupkan lampu utama kendaraan, juga memeberikan aba-aba dengan menghidupkan lampu sein jauh-jauh sebelum kita mau berbelok kekanan ataupun kekiri. Hal ini untuk menghindari kendaraan di belakang anda mengerem mendadak dan mengakibatkan ban selip sehingga sangat membahyakan untuk pengendara di belakang ataupun anda sendiri.

5. Siapkan Selalu Jas Hujan Dan Kunci Busi, Kunci Pas 8/10 dan Obeng +/-. itu minimal peralatan yang harus selalu kita bawa saat berkendara. Karena sangat membantu anda saat berkendara di tengah jalan tiba-tiba hujan. Jas hujan bisa melindungi anda dari air hujan dan peralatan kunci buat jaga-jaga jika motor anda mogok di sebabkan karburator kemasukan air atau busi basah.

Baik Sahabat OtomotifStudi, mungkin informasi itu saja yang bisa OtomotifStudi sampaikan untuk biker di seluruh Indonesia. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda semua. anda bisa menulis komentar di bawah untuk sekedar saling tegur sapa maupun untuk mengajukan pertanyaan. Terimakasih sudah mampir di OtomotifStudi.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Aman Berkendara Motor Saat Musim Hujan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel