Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Rusak Atau Mati Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Rusak Atau Mati Dengan Mudah
Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Rusak Atau Mati Dengan Mudah - Salah satu komponen sepeda motor yang berfungsi untuk mempermudah menghidupkan motor adalah starter, namun apa jadinya jika starter motor mati?? Untuk motor bebek, cukup mengeluarkan tenaga untuk mengengkol starter, untuk motor matic cukup menjengkelkan untuk kaum hawa karena setiap menghidupkan motor dan sebelum mengengkol kick starter harus memposisikan motor standar tengah. Apa lagi kalau standarnya keras karena berkarat atau kotoran. Yang lebih menjadi masalah bagaimana jika motor tidak ada kick starternya, seperti pada beberapa motor sport 250cc. Cara satu-satunya adalah dengan cara mendorong, hmmm. Hal ini tentu sangat melelahkan. Untuk memperbaiki motor, Seperti halnya dokter menyembuhkan pasiennya, sebelum memberi obat tentu dokter harus tahu terlebih dahulu apa penyakitnya. Jika kita ingin memeperbaiki starter motor yang mati tentu kita juga harus tahu apa penyebabnya langsung saja kita akan bahas Cara Memperbaiki Motor Starter Dengan Mudah.

Pertama, Periksa Aki motor anda, jika penyebabnya dari aki biasanya saat tombol starter motor di tekan ada suara bip namun dinamo starter tidak mau berputar. Untuk lebih yakinnya anda bisa memeriksa aki dengan avometer tegangan standar aki adalah 12volt, jika kurang dari itu anda bisa mengganti cairan akinya (ini tidak berlaku untuk aki tipe kering) lalu mencharger aki di tempat charger aki. Jika tetap tidak bisa kemungkinan memang aki benar-benar rusak dan anda harus menggantinya dengan aki  baru,

Kedua, Periksa Bendik, namun sebelum memeriksa bandik anda harus memeriksa terlebih dahulu rangkaian starter, seperti kabel kemungkinan ada yang putus, soket yang longgar atau bahkan lepas, atau tombol starter yang tidak berfungsi karena kotoran. Setelah memeriksa itu semua, baru anda memeriksa bendik, anda bisa memeriksanya dengan menghubungkan probe (+) dan probe (-) dengan obeng, caranya tempelkan obeng ke probe (+) dan probe (-), jika saat di hubungkan lalu starter nyala, berarti bendik bagus namun jika tidak berarti rusak. Harga bendik cukup murah anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Ketiga, Tahap Terakhir adalah dengan memeriksa Motor Starter atau Dinamo, anda bisa memeriksanya dengan menggunakan multimeter dengan cara probe (+) dihubungkan dengan kabel yang menuju motor starter dan probe (-) dihubungkan dengan massa, bisa dilihat ada aliran listrik atau tidak saat tombol starter ditekan. Untuk Kerusakan pada motor starter ada dua kemungkinan yaitu, anting/sikat (brush) sudah aus atau kumparan spull dinamonya. Untuk brush anda bisa menggantinya sendiri dengan yang baru harganya juga sangat murah kisaran harga 5rb. Jika kumparan spull dinamonya anda harus membawanya ke tempat service dinamo.

Bisa Anda Juga Baca :
Okey, mungkin itu saja yang bisa saya informasikan untuk posting hari ini. Semoga informasi "cara memperbaiki starter motor yang mati" ini bermanfaat untuk anda, jika ada masukkan ataupun pertanyaan anda bisa ajukan pada kolom komentar di bawah. Dan jika anda merasa artikel ini bermanfaat, anda bisa membagikan posting ini ke media sosial anda. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Rusak Atau Mati Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel