Cara Tepat Merawat Mesin Agar Awet dan Performa Selalu Prima

Cara Tepat Merawat Mesin Agar Awet dan Performa Selalu Prima
Cara Tepat Merawat Mesin Agar Awet dan Performa Selalu Prima - Sepeda Motor adalah salah satu transportasi yang paling diminati masyarakat Indonesia saat ini. Namun sayangnya jarang sekali masyarakat yang sadar akan pentingnya perawatan secara berkala agar performa motor selalu prima. Bukan hanya atas dasar menjaga performa motor selalu prima tapi yang paling utama adalah untuk menjaga keselamatan kita bersama saat berkendara di jalan raya. Saat kondisi motor kurang prima ada saja hambatan yang bisa terjadi saat kita mengendarai sepeda motor di jalan raya. Oleh sebab itu sebuah keharusan agar performa sepeda motor di tuntut untuk selalu prima. Selain dari segi untuk keselamatan di jalan raya, selain itu jika kita rutin melakukan perawatan secara berkala maka sepeda motor tidak akan mudah rusak. Ini juga tentu dapat lebih menghemat uang kita., di bandingkan saat motor rusak dan harus mengganti beberapa suku cadang tertentu yang di bilang jauh lebih mahal jika di banding dengan biaya perawatan secara berkala. Gambar di samping adalah penampakan motor milik penulis yang saat ini genap berumur 7 tahun namun masih tetap prima.

Hal ini senada dengan AHASS dikutip dari Liputan6 bahwa belum lama ini Supardiono selaku Kepala Bengkel AHASS 0001 Astra Motor Jakarta mengungkapkan bahwa motor motor harian tidak akan mudah rusak jika dilakukan perawatan rutin, penggantian oli mesin berkala, filter udara, dan filter oli yang selalu diperhatikan. Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa oli merupakan elemen yang sangat penting guna menjaga performa mesin agar tetap fit dan bandel. Supardiono juga menyarankan kepada para penggguna agar periode penggantian oli dlakukan lebih cepat.

“Untuk oli, semua motor itu harus rutin tiap 4 ribu kilometer. Kalo Jakarta saya sarankan 3 ribu kilometer karena mesin berputar terus,” tuturnya.

Sebenarnya untuk penggantian oli tergantung dari seberapa berat medan yang sering kita lewati. Misal medan jalan bukit seperti daerah pegunungan tentu jarak penggantian oli jauh lebih pendek. Hal ini bisa anda konsultasikan dengan bengkel yang sudah anda percaya selama ini. Hal utama yang paling harus di perhatikan adalah oli, kita tahu gesekan tiap komponen di dalam mesin motor bisa di lumasi oleh oli. Bayangkan saja jika kualitas oli di dalam mesin kekentalannya sudah menurun bahkan volumenya berkurang. Sudah pasti akan merusak komponen-komponen mesin pada saat itu juga seperti ring piston, piston, boring, klep dan stang piston. Bukan hanya oli, Filter oli dan filter udara juga perlu di perhatikan.

Mungkin itu saja yang bisa saya informasikan untuk saat ini. Semoga bermanfaat, jaga selalu keselamatan anda dengan cara selalu menjaga performa motor anda tetap prima.

Belum ada Komentar untuk "Cara Tepat Merawat Mesin Agar Awet dan Performa Selalu Prima"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel