Diagram katup / Langkah Kerja Katup Lengkap Dengan Gambar Dan Animasi

Pengertian dan langkah kerja Diagram Katup
Diagram katup / Langkah Kerja Katup Lengkap Dengan Gambar Dan Animasi - Hallo sahabat OtomotifStudi? masih penasaran mengenai sistem kerja otomotif sepeda motor ataupun mobil?
saat ini Otomotif Studi akan membahas mengenai "Diagram Katup" sebelum membahas lebih jauh tentu harus mengetahui terlebih dahulu apasih pengertian dari diagram katup?. Pengertian Diagram Katup Yaitu Mengetahi Langkah Piston, Pengapian dan Langkah Katup. Ya, diagram katup berperan sangat penting untuk proses pembakaran di engine sebelum selanjutnya tenaga di pindahkan ke power train. Dari mulah Langkah Piston, Pengapian dan Langkah Katup.Baiklah mulai kita bahas Bagaiman Langkah Piston, Pengapian dan Langkah Katup pada pembahasn Diagram Katup ini.


1. Gerakan mengisi katup mulai terbuka 21 derajat sebelum TMA (Titik Mati Atas) dan akan berakhir 48 derajat sesudah TMB (Titik Mati Bawah)
Pada saat langkah Hisap Katup masuk mulai terbuka apabila as engkol dari kruk as 21 derajat sebelum TMA (Titik Mati Atas), Pada saat ini katup buang masih terbuka dan akan mulai menutup dirinya. Hal ini bertujuan untuk dapat mempermudah proses masuknya campuran bahan bakar dan udara yang sudah dikabutkan oleh karburator atau injektor yang baru ke dalam ruang bakar di silinder.

2. Bahan Bakar mulai di kompresikan 48 derajat sesudah TMB dan akan berakhir 5 derajat sebelum TMA.
Pada saat langkah kompresi campuran bahan bakar dan udara yang sudah dikabutkan sebelumnya oleh karuburator/injektor yang sudah berada di ruang bakar,  mulai di kompresikan 48 derajat sesudah TMB (Titik Mati Bawah) posisi katup masuk dan katup buang semua dalam keadaan tertutup. Lalu piston bergerak naik keatas untuk mengkompresikan campuran bahan bakar dan udara yang sudah dikabutkan saat piston bergerak sampai 5 derajat sebelum TMA secara bersamaan busi memercikan bunga api, bahan bakar gas yang sudah di kompresikan terbakar.

3. Langkah Kerja, ini dimulai 5 derajat sebelum TMA dan akan berakhir 37 derajat sebelum TMB setelah terjadi letikan bunga api busi. Jadi selama 5 derajat sebelum TMA dan akan berakhir 37 derajat sebelum TMB terjadi "Langkah Kerja" dan posisi katup masuk dan katup buang semua masih dalam keadaan tertutup.

4. Katup Buang Mulai terbuka 37 derajat sebelum TMB dan akan berakhir 10 derajat sesudah TMA pada saat "Langkah Buang". Setelah selasai langkah kerja bahan bakar gas yang sudah terbakar juga sisa bahan bakar gas yang tidak terbakar segera di keluarkan melalui katup buang dengan proses gerkan piston naik keatas saat 37 derajat sebelum TMB katup buang mulai terbuka dan bahan bakar gas yang sudah terbakar juga sisa bahan bakar gas yang tidak terbakar semuanya di keluarkan melalui katup buang yang selanjutanya melewati knalpot.
 
Bagaimana sahabat OtomotifStudi, tidak penasaran lagi kan mengenai bagaimana Langkah Kerja Katup/Diagram Katup? jika ada pertanyaan silahkan ajukan komentar di Bawah, atau hanya sekedar untuk bertegur sapa.

Belum ada Komentar untuk "Diagram katup / Langkah Kerja Katup Lengkap Dengan Gambar Dan Animasi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel