Memahami Prinsip Kerja Motor 2 Tak (Langkah)

Urutan siklus mesin 2 langkah sama dengan mesin 4 langkah, sama-sama melakukan gerakan Isap-Kompresi-Usaha-Buang. Hanya saja pada motor 2 langkah, satu siklus diselesaikan dengan 2 kali gerakan piston, satu putaran poros engkol. Sehingga keempat proses kerjanya beberapa ada yang langsung secara bersamaan. Untuk lebih detail mari kita perhatikan lebih seksama.
1. LANGKAH ISAP DAN LANGKAH KOMPRESI
Setengah putaran pertama atau 180 derajat, piston  bergerak dari TMB ke TMA.
Di Bawah Piston.
Selama langkah ini piston menuju TMA, ruang engkol akan membesar dan menjadikan ruang tersebut hampa atau vakum. Dengan perbedaan tekanan ini, maka udara luar dapat mengalir dan bercampur dengan bahan bakar di karburator yang selanjutnya masuk ke ruang engkol. Langkah ini disebut langkah isap atau pengisian ruang engkol.
Di Atas Piston
Selama proses ini, piston bergerak menuju TMA. Bila kedua saluran yakni saluran bilas (transfer port) dan saluran buang (exhaust port) tertutu, maka proses langkah kompresi mulai. Dengan gerakan piston terus ke atas mendesak gas baru yang sudah masuk sebelumnya, membuat suhu dan tekanan gas meningkat. Beberapa derajat sebelum piston mencaoai titik mati atas, busi meletikkan bunga api dan mulai membakar campuran gas tadi. Langkah ini disebut langkah kompresi.

2. LANGKAH USAHA DAN LANGKAH BUANG
Setelah putaran kedua atau 360 derajat, Piston bergerak dari TMA ke TMB.
Di Atas Piston.
Pembakaran mengakibatkan ledakan yang menghasilkan tenaga, dan mendesak piston bergerak menuju TMB. Langkah ini disebut Langkah Usaha.

Baca Juga : Memahami Prinsip Kerja Motor 4 Tak (Langkah)
Beberapa derajat setelah piston bergerak ke TMB lubang-lubang (exhaust port) terbuka oleh kepala piston, gas-gas bekas keluar melalui saluran beang. Langkah ini disebut langkah buang.
Di Bawah Piston.
Beberapa derajat selanjutnya setelah saluran buang dibuka, maka saluran bilas (transfer/scavenging port) mulai terbuka oleh tepi piston. Gas baru yang berada di bawah piston terdesak, dan mengalir melalui saluran bilas menuju puncak ruang bakar sambil membantu mendorong gas bekas keluar. Prses ini di sebut pembilasan.

Belum ada Komentar untuk "Memahami Prinsip Kerja Motor 2 Tak (Langkah)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel