Cara Kerja Karburator Dengan Penjelasan Lengkap

Prinsip dasar karburator sama dengan prinsip yang terjadi pada pengecatan dengan penyemprotan. Pada saat udara ditiup melalui ujung pipa penyemprot, tekanan di dalam pipa akan rendah. Akibatnya cairan yang ada di dalam tabung akan terisap keluar dan membentuk partikel-partikel kecil saat terdorong oleh udara. Semakin cepat aliran udara, maka semakin rendah tekanan udara pada ujung pipa sehingga semakin banyak cairan bahan bakar yang keluar dari pipa.


Prinsip kerja karburator berdasarkan hukum-hukum Fisika, yaitu hokum kontinuitas dan hokum Bernouli. Bila suatu Fluida mengalir melalui suatu tabung, maka banyaknya fluida atau debit aliran di rumuskan sebagai berikut:

Cara Kerja Karburator

Keterangan :
        Q = Debit air (m
3/s)
        A = luas penampang tabung (m2)
        V = kecepatan aliran (m/s)

Cara kerja Dari Karburator secra sederhana adalah sebagai berikut.
a.       Pada saat motor melakukan langkah isap, tekanan di dalam silinder menurun dengan drastic akibat dari bertambahnya volume.
b.      Perbedaan tekanan udara antara dalam mesin dengan luar mesin ini mengakibatkan udara masuk ke mesin melalui filter udara, venture, intake manifold, dank e silinder.
c.       Pada saat udara melewati venture, kecepatannya bertambah, tetapi tekanannya turun.
d.      Tekanan udara pada venture lebih rendah dari pada tekanan udara di dalam ruang pelampung sehingga bensin dapat keluar melalui nosel utama.
e.      Bensin yang keluar melalui nosel utama tertiup udara yang mengalir dan pada akhirnya menguap.
f.        Campuran bahan bakar ini turun dengan deras kebawah dan masuk kedalam silinder. Campuran antara bensin dengan udara harus benar-benar campur agar sesampainya di silinder menjadi campuran yang sangat mudah terbakar.

Cara kerja venture, yaitu pada saat motor melakukan langkah isap, udara dari filter udara akan masuk kedalam silinder. Udara akan melewati venture yang memiliki diameter lebih kecil dari bagian lainnya. Pada saat udara baru masuk ke karburator kecepatan udara sebesar v1 . tetapi begitu udara melewati venture kecepatan udara meningkat drastic sebesar v2 .

Belum ada Komentar untuk "Cara Kerja Karburator Dengan Penjelasan Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel