3 Penyebab Utama Motor Mogok dan Cara Mengatasinya

Penyebab Utama Motor Mogok dan Cara Mengatasinya
Berpeluang motor mogok saat di jalan bukan hanya motor yang sudah lama, namun motor baru pun bisa kemungkinan terjadi mogok di jalan oleh berbagai penyebab, dengan itu kita harus mengetahui Penyebab Utama Motor Mogok dan Cara Mengatasinya, meski anda awam sekali mengenai servis motor namun hal ini wajib di ketahui, karena kita tidak tahu kapan motor mogok dan di tempat mana motor mogok. mending saat motor mogok dekat dengan bengkel atau minimal dekat dengan pemukiman. Jika motor mogok jauh dari pemukiman ataupun bengkel ? Nah kita harus bisa penanganan pertama saat motor mogok.
perlu di ketahui bahwa ada 3 unsur penting agar motor hidup, yang pertama adalah KOMPRESI, Yang kedua SISTEM BAHAN BAKAR, lalu yang ketiga adalah PENGAPIAN. ya 3 syarat utama itu tidak bisa di tawar sedikitpun untuk mesin motor bisa hidup.

Baik langsung saja Otomotif Studi akan menjelaskan 7 Penyebab Utama Motor Mogok dan Cara Mengatasinya.

1. Sistem bahan bakar
bagaimana campuran bahan bakar dan udara dikabutkan dengan baik sampai di alirkan keruang bakar, itu semua melalui proses sistem bahan bakar, jika ada salah satu komponen sistem bahan bakar yang tidak berfungsi secara optimal tentu akan berpengaruh terhadap proses pengkabutan campuran bahan bakar dan udara. adapun komponen sistem bahan bakar dan fungsinya adalah,

  • Tanki bensin, fungsinya untuk menampung bahan bakar berupa bensin.
  • Filter bensin, fungsinya untuk menyaring air dan kotoran dari aliran bensin.
  • Pompa bensin (Fuel Pump), fungsinya untuk menyalurkan bensin dari tanki ke karburator atau Injektor
  • Karburator, fungsinya untuk mencampur sejumlah bensin kedalam udara saat proses intake
  • Injektor, fungsi injektor adalah intuk mengeluarkan bensin dari dalam saluran bahan bakar dengan jumlah tertentu untuk menggantikan karburator. Sementara karburator pada mesin injeksi dibuat lebih simple dengan sebutan throtle body.
  • Selang bensin, fungsinya sebagai media untuk mobilisasi bensin dari tanki ke karburator.

    Periksa satu persatu setiap komponen saat mengalami trouble di sistem bahan bakar, dari mulai tangki, filter bensin, pompa bensin, selang bensin apakah yang tersumbat atau rusak. terutama karburator banyak komponen di dalamnya dari mulai pelampung, jarum pelampung, main jet, needle jet, pilot jet, skep, jarum skep.
    Lebih lengkapnya anda bisa baca Jenis Sistem Bahan Bakar Jenis Konvensional dan Injeksi (EFI)
2. Kompresi
Jika motor lemah kompresi atau bahakan hilang kompresi sudah dipastikan mesin sulit bisa hidup di karenakan saat langkah kompresi saat campuran bahan bakar dan udara yang seharusnya di pampatkan dan selanjutnya busi memercikan bunga api dan terjadi pembakaran. namun tidak terjadi pembakaran di karenakan hilang kompresi bisa di sebabkan, klep bocor, packing cylinder head atau piston, ring piston, liner aus, bahkan tempat lubang busi yang aus bisa menyebabkan hilang kompresi.

3. Pengapian
Pada saat langkah Isap campuran bahan bakar dan udara di Isap ke ruang bakar melalui Intake Manifold, lalu selanjutnya pada saat langkah kompresi semua katup tertutup, piston bergerak dari TMB ke TMA memampatkan/mengkompresikan campuran bahan bakar dan udara saat beberapa derajat sebelum TMA busi memercikan bunga api sehingga terjadilah pembakaran. Nah saat langkah inilah Pengapian memiliki peran penting dalam proses pembakaran. Jadi jika Sistem Bahan Bakar dan Kompresi bagus, namun Pengapian tidak maksimal atau bahkan mati, tentu tidak akan bisa terjadi pembakaran. Oleh sebab itu pada bagian ke 3 (Pengapian) ini periksa komponen pengapian dari mulai Spull, Pulser, CDI, Koil dan Busi, jika pengapiannya DC periksa juga Kiprok dan Baterai. Periksalah satu persatu komponen pengapian secara berkesinambungan. dan untuk hasil yang tepat dan efisien gunakan multi tester saat memeriksa, spull, pulser, kiprok, baterai dan CDI. Atau gunakan Diagnosis Injeksi jika motornya Injeksi dengan adanya ECU.

Bagaimana apa sudah paham?
Perhatian untuk pemeriksaan pengapian ataupun kelistrikan body Motor Injeksi harus di dampingi oleh ahlinya.

Belum ada Komentar untuk "3 Penyebab Utama Motor Mogok dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel