Pengertian, Fungsi dan Prinsip Kerja Sistem Rem Tromol dan Rem Cakram

Pengertian, Fungsi dan Prinsip Kerja Sistem Rem Tromol dan Rem Cakram
Fungsi utama dari sistem rem adalah untuk mengurangi kecepatan putaran pada roda/ban kendaraan baik untuk menghentikan gerakan roda/ban kendaraan pada saat kendaraan sedang parkir ataupun juga untuk membantu mengurangi kecepatan pada saat kendaraan berjalan pada jalan yang menurun.
sistem rem pada kendaraan harus berfungsi dengan baik. Apabila sistem rem tidak berfungsi, maka akan timbul bahaya bagi pengendara. Banyak kecelakaan terjadi pada kendaraan dikarenakan sistem rem yang tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu perawatan sistem rem harus dilakukan secara berkala dan pada saat melakukan perbaikan harus dilakukan dengan ketelitian yang ekstra tinggi.

Fungsi dan Prinsip Kerja

Ada beberapa cara untuk bisa menghentikan laju kendaraan yang sedang melaju dengan cepat untuk berhenti. bisa dengan mengurangi laju putaran roda/ban kendaraan dengan perlahan, dengan cepat, atau bahkan mungkin dengan cara tiba-tiba. Hal ini tidak akan dapat terjadi tanpa bantuan suatu sistem yang disebut dengan sistem rem.
Sistem rem adalah suatu perangkat atau bagian dari kendaraan yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan dengan mengurangi kecepatan putar pada roda kendaraan. Sistem rem harus dapat bekerja dengan baik, tahan lama, dan tahan juga panas serta tidak menimbulkan getaran saat melakukan pengereman sehingga terasa nyaman pada saat kendaraan diperlambat ataupun dihentikan. Prinsip kerja sistem rem dapat digambarkan sebagai berikut.
Fungsi dan Prinsip Kerja Sistem Rem

Pada gambar tersebut, terdapat sebuah poros dan roda yang sedang berputar. Bagian yang diarsir berfungsi untuk memperlambat putaran roda tersebut dengan proses gesekan (gaya gesek). Proses dasar sistem rem ini dengan bantuan media penghambat putaran roda dapat menghentikan putaran roda dengan lebih cepat atau bahkan dengan menghentikan seketika. Mekanisme cara kerja rem untuk mobil ditunjukkan pada gambar dibawah, yaitu untuk jenis rem tromol (drum brake system) dan cakram (disc brake system).
Fungsi dan Prinsip Kerja Sistem Rem
Sistem Rem Tromol


Fungsi dan Prinsip Kerja Sistem Rem
Sistem Rem Cakram

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Fungsi dan Prinsip Kerja Sistem Rem Tromol dan Rem Cakram"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel