Tips sukses dan Strategi Membuka Bengkel Sepeda Motor dengan Modal Kecil

Cara Membuka Bengkel Motor Dengan Modal Nol Rupiah - Cara ini pernah saya praktikkan sendiri. Baik izinkan saya sedikit bercerita, kalau bicara otomotif, kami satu keluarga bisa di bilang memiliki hobby yang sama yaitu otomotif, berawal dari kakek yang dahulu sekolah di SMK jurusan otomotif. Sampai ke generasi kami, saya sendiri dan 3 sepupu saya dulu juga sekolah di SMK jurusan otomotif. Bukan sekedar itu, saya sendiri pernah kursus otomotif di Eka Jaya Berrindo dan pernah bekerja di bengkel motor, dari mulai bengkel motor umum, bengkel variasi/modifikasi, sampai pernah mencicipi bekerja di bengkel dealer resmi. Okey langsung saja kita ke pokok bahasan dari judul posting ini. Kalau kita punya skill dan hobi di otomotif, membuka bengkel sendiri adalah peluang yang cukup menjanjikan. Namun, kendalanya memang adalah modal, jika ingin membuka bengkel dengan lengkap dari mulai perlengkapan alat sampai untuk stock suku cadang sepeda motor bisa menghabiskan modal awal ratusan juta.
Tips sukses dan Strategi Membuka Bengkel Sepeda Motor dengan Modal Kecil

Jika kita sudah memiliki alat sendiri seperti kunci-kunci perlengkapan untuk service sepeda motor dan kompresor, kita bisa memulai membuka bengkel di halaman rumah kita, untuk stock suku cadang seadanya saja dulu. Namun, jika kita belum mempunyai modal untuk membeli kunci-kunci perlengkapan untuk service sepeda motor dan kompresor seperti saya dahulu??, hmmm. Kunci-kunci perlengkapan untuk service sepeda motor 1 Set lengkap dan harga kompresor semua itu bisa mencapai harga 6jutaan memang. Hal, itu juga bisa kita akali dengan membelinya sedikit-sedikit dari mulai kunci pas ring 1set, kunci sock 1 set, kunci L 1 set, kunci T dan seterusnya sampai lengkap. Anda sudah membaca artikel ini sampai disini mungkin penasaran, bagaimana cara membuka bengkel dengan modal kecil atau bahkan nyaris tanpa modal?? Memang benar cara ini pernah saya praktikkan sendiri. Begini ceritanya, setelah resign kerja di bengkel, karena pada saat itu saya berencana untuk melanjutkan kuliah, saya jenuh bagaimana cara untuk mengisi kekosongan, yang terbenak pada saat itu memang cuma itu saja. Mau buka bengkel tapi kendala belum punya modal besar, bahkan untuk perlengkapan kuncipun belum lengkap apalagi kompresor.

Tiba-tiba saya punya ide, bagaimana kalau kerjasama dengan bengkel tambal ban, ya bengkel tambal ban. Langsung saya cari-cari bengkel tambal ban yang cukup luas dan strategis tempatnya. Dari seberang jalan raya, terlihat ada bengkel tambal ban yang cukup luas, langsung saya samperin. Sama sekali tidak menyangka ternyata pemilik bengkel tambal ban itu teman lama saya, hahaha. Akhirnya tidak memerlukan bahasa yang berbelit-belit, saya langsung mengajak kerjasama untuk membuka bengkel sepeda motor tepat di bengkel tambal ban teman saya itu. Saya juga menjelaskan keuntungan yang ia dapat jika saya buka bengkel service motor di tempat tersebut. Pertama, biaya sewa tempat dan biaya operasional seperti listrik maupun bensin untuk kompresor lebih ringan karena di tanggung berdua. Kedua, bisa saling mendukung untuk mendatangkan pelanggan, karena terlihat bengkel lebih ramai. Ditambah saya juga bisa ngasih job saat ada motor ganti ban atau hal sejenisnya, akhirnya teman saya pun sepakat.

Cara Sukses Buka Bengkel Sendiri

Mulai berjalan aktifitas bengkel service sepeda motor saya yang di mulai dengan modal kecil bisa dikatakan nyaris tanpa modal. Walaupun baru buka pada saat itu hasil setiap harinya sangat lumayan, rata-rata profit 165ribu/hari. Ya lumayanlah untuk ukuran bengkel baru buka belum banyak pelanggan. Setelah beberapa bulan, pada saat saya mulai aktif kuliah, saya malah keteteran tidak bisa membagi waktu antara aktifitas bengkel dan kuliah. Padahal sudah mencoba beberapa kali gonta ganti teman untuk mengisi bengkel untuk membantu saya saat kuliah tapi belum rezekinya mungkin, belum ada yang cocok. Akhirnya saya menutup bengkel service sepeda motor saya tersebut dan fokus untuk menyelesaikan kuliah dahulu.

Bagaimana? apakah anda masih mengeluh tidak punya modal saat ingin membuka bengkel service sepeda motor??. Okey mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan untuk postingan hari ini, semoga informasi tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips sukses dan Strategi Membuka Bengkel Sepeda Motor dengan Modal Kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel