Penyebab Gangguan Pada Sistem Bahan Bakar Bensin dan Cara Memperbaikinya

Gangguan pada Sistem Bahan Bakar, sistem bahan bakar merupakan bagian yang paling sedikit menimbulkan gangguan pada kendaraan. Gangguan-gangguan sistem bahan bakar yang biasa terjadi, antara lain bensin tidak mengalir, campuran terlalu kaya, dan bensin boros.

gangguan sistem bahan bakar bensin mobil

 

Penyebab dan Penanganan Terhentinya Aliran Bensin

Bensin pada kendaraan tidak mengalir dari tangki ke karburator ditandai dengan mesin yang tiba-tiba mati saat sedang berjalan. Gangguan yang biasanya menghentikan aliran bensin adalah kebocoran vakum dan gangguan peningkatan temperatur.

Kebocoran Vakum

Pompa bensin bekerja menekan bensin ke karburator. Bensin yang akan mengalir ke pompa berasal dari tekanan udara luar pada permukaan bensin di dalam tangki. Kebocoran pada pipa bensin di antara pompa dan tangki atau di bagian saluran masuk pompa dapat menyebabkan udara masuk ke dalamnya, sehingga kekuatan vakum untuk menarik bensin dari tangki menjadi lemah atau sama sekali hilang dan tidak ada bensin yang dialirkan oleh pompa. Kebocoran seperti ini sering terjadi pada pipa fleksibel di antara ujung pipa bensin dari tangki dan pompa. Kemungkinan-kemungkinan lain penyebab kebocoran diantaranya karena sumbat pengalir pompa bocor; sambungan-sambungan pipa bensin kendor, membran pompa lemah atau sobek, pegas pompa lemah atau kerusakan paking pompa.

Gangguan karena Peningkatan Temperatur

Pada keadaan cuaca bertemperatur tinggi atau jika motor panas, dua macam gangguan mungkin akan terjadi, yaitu pengabutan (vapour lock) yang akan menyebabkan terhentinya aliran bensin dan
perkulasi yang akan menyebabkan kebanjiran bensin.

Pengabutan

Pengabutan dapat terjadi apabila motor panas yang mengakibatkan terjadinya penguapan bensin pada pipa saluran bensin atau pompa, pada waktu kendaraan bermuatan penuh saat cuaca panas. Cara mengatasi gangguan akibat terjadinya pengabutan, antara lain dengan jalan membiarkan motor dingin kembali atau dengan jalan menuangkan air dingin di atas pompa atau pipa saluran bensin. Dengan cara demikian, biasanya motor segera dapat dihidupkan kembali.

Perkulasi

Perkulasi terjadi bila karburator tidak cukup terisolasi terhadap panas motor, terutama saat motor dihentikan. Pada keadaan itu, sirkulasi udara di sekitar karburator akan terhenti. Saat karburator menjadi panas, gelembung-gelembung bensin akan timbul pada pipa-pipa pengeluar bensin dalam karburator. Gelembung-gelembung uap bensin tersebut akan naik masuk ke dalam Pipa-pipa, mendorong bensin cair di atasnya hingga mengalir ke dalam lubang karburator. Pada karburator arus naik, bensin akan mengalir ke luar dan mengakibatkan kurangnya Persediaan bensin di dalam kamar pelampung. Pada karburator arus turun, bensin mengalir membanjiri saluran pemasuk atau silinder.

Pada saat motor panas, bensin akan menguap dan dapat mengakibatkan karburator banjir, hlngga tidak mau distart lagi. Jika motor tidak mau distart dan diduga disebabkan oleh perkulasi, cara mengatasinya sebagai berikut.
  1. Injak pedal gas sedalam-dalamnya supaya katup gas membuka penuh (tanpa mengocok pompa percepatan).
  2. Tekan tombol starter hingga campuran gas yang pekat ke luar melalui pipa buang.
  3. Untuk memeriksa adanya perkulasi pada karburator arus turun, buka saringan udara dan
  4. lihat ke dalam lubang karburator. Jika dalam lubang karburator terdapat cairan bensin yang keluar dari pipa pengeluar, terjadi perkulasi.
  5. Prosedur Mencari Letak Gangguan, Periksa volume bensin dalam tangki dan lihat kemungkinan tersumbatnya lubang udara pada tangki.
Kalau di tangki masih berisi bensin dan lubang udara tidak tersumbat, tetapi bensin tidak mau mengalir ke karburator, langkah-langkah pemeriksaan gangguan selanjutnya dapat diikuti seperti diagram berikut:

Periksa Tangki Bensin

Buka sumbat tangki bensin dan keluarkan air atau kotoran-kotoran yang mungkin ada dalam tangki. Jika pengeluaran isi tangki agak sukar dilakukan, tambahkanlah alkohol ke dalam cairan bensin (khusus dalam keadaan membeku). 

Periksa Pipa Bensin

Lepaskan pipa fleksibel dari pompa bensin dan ganti jika ternyata bocor atau rusak. Buka tutup pengisi bensin, kemudian tiup pipa saluran bensin dengan udara tekan. 

Periksa Pompa Bensin

Lepaskan pipa bensin antara pompa dan karburator, kemudian tiup dengan udara tekan. Tekan tombol starter tanpa menghubungkan kunci kontak. Jika tidak ada bensin yang keluar dari pompa, hal itu menunjukkan bahwa pompa tidak bekerja dan harus diperbaiki atau diganti. Apabila pompa bensin bekerja normal, gangguan mungkin terletak di karburator. Bongkar karburator, bersihkan dan periksa komponen jarum pelampung. 

Periksa Saringan Bensin

Saringan bensin kadang-kadang tidak terletak di satu tempat. cari dan bersihkan bila mungkin, atau ganti dengan yang baru. Beberapa pompa bensin ada yang dilengkapi dengan saringan yang dapat diganti. Mobil-mobil lain mungkin memasang saringan pada pompa di antara pipa ke karburator. Adapun kendaraan lain mempunyai sebuah saringan yang dipasang pada saluran masuk karburator. Bahkan, ada yang mempunyai lebih dari satu saringan. 

Gangguan aliran bensin lainnya, tetapi jarang terjadi adalah kerusakan saringan bensin yang ada di tangki. Biasanya, saringan itu tidak memerlukan perawatan. Akan tetapi, sebaiknya gangguan pengaliran bensin itu diurut dari tangki sampai ke karburator. 

Periksa Pompa Bensin Listrik

Beberapa kendaraan dilengkapi dengan pompa bensin listrik yang dipasang dalam tangki bensin. Pompa tersebut harus mengalirkan bensin ke karburator bila kunci kontak dihubungkan. Jika pompa itu tidak bekerja, sambungan massa dan sambungan kelistrikan lainnya perlu diperiksa. 

Periksa Pompa Pengalir Penguapan

Uap mesin dalam pompa seringkali dialirkan ke dalam tangki, agar tidak terpancar ke udara di sekelilingnya. Pipa itu harus bebas dari bengkokan yang tajam dan pemasangannya harus tepat.

Demikianlah informasi otomotif mengenai Penyebab Gangguan Pada Sistem Bahan Bakar Bensin dan Cara Memperbaikinya, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Gangguan Pada Sistem Bahan Bakar Bensin dan Cara Memperbaikinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel