Motor Bensin Boros dan Tidak Bertenaga? Ini Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya

Penyebab Bensin Boros, beban berat umumnya memerlukan bahan bakar yang lebih banyak. Kecepatan tinggi juga memerlukan lebih banyak bahan bakar untuk memperoleh tenaga yang besar guna melawan arus udara. Kecepatan yang terlalu rendah pun menyebabkan borosnya pemakaian bahan bakar. Pemakaian bahan bakar pada kendaraan-kendaraan sangat bergantung pada cara pengemudi membawa kendaraannya. Sering mempercepat dan memberhentikan kendaraan juga mengakibatkan pemakaian bahan bakar menjadi boros. Angkutan dalam kota yang lebih sering berhenti ketika beroperasi, pemakaian bahan bakarnya lebih banyak dibandingkan angkutan antarkota.
Motor Bensin Boros dan Tidak Bertenaga Ini Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya
Satu-satunya jalan untuk mengetahui boros tidaknya pemakaian bahan bakar ialah dengan melakukan pengujian pemakaian bahan bakar (Fuel Consumption Tester) bisa di lihat gambarnya pada akhir postingan ini. Sebelum melakukan pengujian ini dianjurkan untuk terlebih dulu memeriksa dan memperbaiki gangguan-gangguan yang mungkin merupakan penyebab keborosan pemakaian bahan bakar. Perbedaan jumlah pemakaian bahan bakar bisa saja terjadi karena perbedaan situasi temperatur dan tekanan udara di tempat kendaraan tersebut dipakai. Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan borosnya pemakaian bahan bakar. Salah satunya apabila kendaraan susah ”lari" Untuk itu seringkali disarankan agar sistem pelumasan diperiksa dan motor di tune-up.

Diagram berikut melukiskan prosedur mencari letak gangguan apabila terjadi pemakaian bahan bakar yang berlebihan. 

Rem dan Ban 

Periksa kelancaran fungsi rem. Periksa juga tekanan ban, tekanan ban harus sesuai dengan spesifikasi. Periksa kebebasan pedal rem dan kemungkinan tersumbatnya lubang angin silinder Utama 

Rem Tangan

Periksa apakah rem tangan benar-benar bebas dan periksa pula keadaan kabel-kabelnya serta tuas-tuas penyambungannya. 

Sistem Pembuangan

Periksa pipa-pipa gas buang. Iangan sampai gepeng, penyok, atau tersumbat hingga pengeluaran gas buang terhalang. Bagi motor-motor yang dilengkapi dengan klep pengatur panas, pemakaian akan boros jika klep tersebut macet pada kedudukan menutup. ]ika diduga adanya hambatan tekanan gas buang yang berlebihan, usahakanlah pengujian pemakaian bahan bakar sambil melepas Pipa gas buang. Pada motor-motor yang menggunakan sistem pusaran bak engkol tertutup (positive crank case ventilation), bersihkan sistem ini dari kemungkinan penyumbatan. 

Kelurusan Roda 

Periksa keausan ban roda depan dan lihatlah apakah penyetelan toe-in betul. Setel toe-in bila perlu. 

Busi 

Bersihkan dan periksa jarak celah elektrode busi, kemudian periksa pula apakah busi tersebut jenisnya sesuai dengan ukuran jenis busi yang diperuntukkan motor itu. Jika perlu gantilah dengan busi yang jenis panasnya sesuai. 

Pompa Percepatan 

Periksa apakah penyetelan langkah pompa tersebut telah betul. 

Penyalaan 

Jalankan motor pada kecepatan stasioner. Lepaskan kabel busi no. 1 dan dekatkan ujung kabel tadi kira-kira 1 / 4 inci di atas kepala silinder dan perhatikan apakah loncatan apinya berlangsung secara teratur. Ulangi pekerjaan ini pada kabel-kabel busi lainnya. Jika loncatan api tidak teratur periksa di mana letak gangguannya.

Pemakaian Bahan Bakar

Periksa pemakaian bahan bakar (lihat pengujian pemakaian bahan bakar). 

Pengaturan Saat Penyalaan 

Jika dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa jumlah pemakaian bahan bakar lebih besar daripada seharusnya, cobalah percepat jalannya motor sambil menginjak sebagian pedal rem, kemudlan dengarkan suara motor. Jika tidak terdengar suara ketukan atau ngelitik, hal itu menandakan penyalaan terlambat. Periksa perlengkapan vakum pengatur penyalaan dan perbaiki bila perlu. Apabila pemakaian bahan bakar masih tetap boros, ikutilah langkah-langkah berikut ini:
  • Saringan Udara Bersihkan elemen saringan udara dan ganti dengan yang baru jika perlu. Periksa minyak saringan udara jika menggunakan saringan model basah.
  • Campuran Bahan Bakar Periksa kerja cuk dan perbaiki bila perlu. Tekanan Pompa Bensin Periksa tekanan pompa bensin pada saat motor stasioner. Apabila tekanannya tidak normal, lepaskan pompa dari motor dan periksa langkah batang pendorong pompa serta kebebasan gerak pengungkitnya. Perbaiki bila perlu atau ganti dengan yang baru.
  • Karburator, bongkar dan bersihkan karburator. Periksa apakah pelampungnya tidak bocor dan periksa juga jarum pelampung serta dudukannya. Periksa ukuran lubang pemancar utama. Perbaiki bagian-bagian yang kurang beres termasuk paking karburator. 
Untuk memastikan secara tepat konsumsi bahan bakar, ada alat khusus untuk mengetahui konsumsi bahan bakar yaitu Fuel Consumption Tester.

bensin boros apa yang disetel

Penyebab-Penyebab Lain

Bila sesuai prosedur, langkah-langkah di atas seharusnya dapat mengatasi gangguan pemakaian bahan bakar yang berlebihan. Apabila gangguan tersebut masih belum teratasi, kita dapat mencari kemungkinan-kemungkinan lain seperti berikut mi:

a. Pemasangan Poros Nok Tidak Tepat

Hal itu bisa terjadi bila roda gigi timing baru diganti atau dilepas karena dilakukannya perbaikan motor secara besar-besaran, atau jika bantalan utama diganti. Buka tutup-tutup roda-roda gigi/rantai dan periksa pemasangannya.

b. Kelonggaran Katup Tidak Sesuai

Kelonggaran katup yang terlalu kecil menyebabkan katup-katup tidak menutup rapat sewaktu motor panas, kecuali bagi pengangkat katup hidrolis. Lepaskan katup dan periksa atau setel kelonggarannya.
Kelonggaran yang terlalu besar mengakibatkan katup terlambat membuka dan menutup lebih cepat, kecuali pada pengangkat katup hidrolis. Katup-katup yang macet dapat menjadi sumber gangguan. Periksa dan perbaiki seperlunya.

c. Ukuran Onderdil yang Salah

Ukuran onderdil yang salah, seperti cincin torak yang tidak sesuai dapat pula merupakan Penyebab gangguan.

Demikianlah informasi otomotif mengenai Motor Bensin Boros dan Tidak Bertenaga? Ini Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya, semoga dapat bermanfaat untuk semua.

Belum ada Komentar untuk "Motor Bensin Boros dan Tidak Bertenaga? Ini Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel