Memahami Apa Itu Siklus Mesin

Memahami Apa Itu Siklus Mesin

Pada kesempatan kali ini kita akan memabahas mengenai apa itu siklus mesin. Namun sebelum membahas siklus mesin, kita pahami terlebih dahulu apa itu mesin?  Bagaimana asal mula tenaga mesin?. Tenaga yang kita perlukan untuk melakukan suatu kegiatan di dapat dari tenaga pa nas a tau kalori yang dikandung dalam makanan, yang kita makan setiap hari. Demikian pula kendaraan di jalan memerlukan daya untuk melawan hambatan udara, gesekan ban dan hambatan-hambatan lainnya. Tenaga atau daya untuk menggerakkan kendaraan tersebut di peroleh dari panas hasil pembakaran bahan bakar. Jadi panas yang timbul karena adanya pembakaran itulah yang dipergunakan untuk menggerakkan kendaraan. Alat untuk membangkitkan tenaga ini di sebut penggerak utama. Baca : Komponen Mesin Bensin Mobil dan Fungsinya Lengkap Beserta Gambarnya. Umumnya penggerak utama ini lazim disebut mesin, yang dapat merubah energy panas menjadi energi mekanik (gerak).

Agar mesin dapat bekeraja, maka rangkaian tertentu dari suatu proses harus terjadi berurutan yaitu :
1.    Mengisi silinder dengan campuran bahan bakar dan udara.
2.    Memampatkan campuran bahan bakar dan udara tersebut sampai volume yang tertentu.
3.    Menyalakan campuran bahan bakar dan udara sehingga mengembang dan menghasilkan tenaga.
4.    Mengeluarkan gas-gas yang telah terbakar dari dalam silinder.

Urutan di atas secara umum dinyatakan sebagai berikut :

1.    Langkah Isap (Suction)
2.    Langkah Kompresi (Compresi)
3.    Langkah Usaha (Power)
4.    Langkah Buang (Exhaust)

Untuk menghasilkan tenaga yang terus menerus, maka mesin harus mengulangi urutan ini berulang-ulang. Satu rangkaian proses yang lengkap disebut SIKLUS.

Baca Juga : Belajar dan Mengenal Fungsi Komponen Mesin Kendaraan Motor Bensin
Kebanyakan motor atau mesinbekerja berdasarkan salah satu dari 2 jenis siklus berikut :
1.    Siklus 4 Langkah / 4 Tak
2.    Siklus 2 Langkah / 2 Tak.
Pada mesin 4 Langkah, satu siklus terdapat empat kali langkah piston, dua kali ke atas dan dua ke bawah. Siklus ini terjadi selama dua putaran poros engkol, Baca : Cara Perawatan Sistem Bahan Bakar Mesin Injeksi dengan Pemeriksaan dan Penyetelannya.
Sedangkan pada mesin 2 Langkah, satu siklus terdapat dua lankah piston, satu ke atas dan satu kebawah. Siklus ini terjadi selama satu putaran poros engkol.
Selanjutanya mari kita pelajari setiap siklus secara rinci dalam materi " Memahami Prinsip Kerja Motor 4 Tak (Langkah) "

Belum ada Komentar untuk "Memahami Apa Itu Siklus Mesin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel