Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Prinsip Kerja Motor 4 Tak (Langkah)

Memahami Prinsip Kerja Motor 4 Tak (Langkah)
Prinsip Kerja Motor 4 Langkah
Mesin 4 Langkah digunakan pada sepeda motor prinsip kerjanya sama saja yang digunakan pada mobil. Perbedaannya pada umumnya jumlah silinder yang digunakan, namun saat ini motor sport banyak yang sudah menggunakan 4 silinder DOHC. Jadi untuk saat ini kita tidak perlu lagi membenda-bedakan antara mesin motor ataupun mesin mobil.
Baik OtomotifStudi akan menjelaskan bagaimana prinsip kerja dari mesin 4 langkah yaitu:
Prinsip Kerja Motor 4 Tak (Langkah)

1. Langkah Isap (Suction Stroke)
Pada langkah ini posisi Katup Masuk dalam keadaan terbuka dan katup buang tertutup.
Piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB)
Oleh karena gerkan piston dari TMA ke TMB, maka di atas piston terjadi pembesaran volume yang mengakibatkan ruang tersebut menjadi hampa (Vakum). Perbedaan tekanan udara luar yang tinggi dengan tekanan hampa, mengakibatkan udara akan mengalir dan bercampur dengan bensin di karburator untuk di kabutkan menjadi gas. Selanjutnya gas tersebut mengalir ke dalam ruang silinder melalui saluran masuk (intake manifold) dan katup masuk.
2. Langkah Kompresi (Compression Stroke)
Pada langkah ini posisi katup masuk dan katup buang semuanya dalam keadaan tertutup.
Piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB).
Setelah melakukan pengisian pada langkah isap, piston yang sudah mencapai TMB kembali lagi bergerak menuju TMA, memperkecil ruangan di atas piston dengan memampatkan, sehingga campuran bahan bakar dan udara menjadi padat, tekanan dan suhu naik. Beberapa derajat sebelum piston mencapai TMA terjadi letikan buanga api listrik dari busi yang membakar campuran bahan bakar dan udara.
Perlu diketahui bahwa saat penyalaan ini dilakukan pada waktu yang sedemikian tepat, sebab jika tidak mesin tidak akan mencapai tenaganya yang maksimum atau bahkan tidak terjadi proses pembakaran.
3. Langkah Usaha (Power Stroke)
Pada langkah ini posisi katup masuk dan katup buang semuanya masih dalam keadaan tertutup.
Piston bergerak dari TMA ke TMB.
Proses pembakaran menyebabkan campuran gas akan mengembang dan memuai, sehingga energy panas yang dihasilkan oleh pembakaran dalam ruang bakar menimbulkan tekanan ke segala arah dan mendesak piston ke TMB. Langkah usaha inilah yang diharapkan pada mesin untuk dapat menjaga kelangsungan kerja dan perolehan tenaga mesin.
Dari proses langkah usaha ini terlihat bahwa terjadi proses perubahan energy panas menjadi energy mekanis berupa gerak bolak balik kemudian diubah lagi menjadi gerak putar untuk selanjutanya di teruskan ke power train.
4. Langkah Buang (Exhaust Stroke)
Pada langka ini posisi katup masuk dalam keadaan tertutup dan katup buang dalam keadaan terbuka.
Piston bergerak dari TMB ke TMA.
Setelah suatu mesin mengahsilkan energy yang diperoleh dari adanya ledakan gas yang terbakar, selanjutnya piston bergerak ke TMA mendesak gas bekas sisa pembakaran keluar melalui katup buang dan saluran buang (exhaust manifold) ke atmosfir. 

6 komentar untuk "Memahami Prinsip Kerja Motor 4 Tak (Langkah)"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Jadi kesimpulan saya adalah motor 4 tak memiliki 4 langkah piston dan 2 kali putaran poros engkol
    Rama Wijaya Xl TKR

    BalasHapus
  3. Jadi menurut kesimpulan saya motor 4tak adalah memiliki 4langkah piston dan 2kali putaran poros engkol
    David Prabowo xl tkr

    BalasHapus
  4. Kesimpulan saya mesin 4tag adalah mesin yg berkerja melalui 4 peroses langkah naik turun piston untuk menghasilkan tenaga itu sebabnya disebut 4tag karena mesin tersebut membutuhkan 4 langkah kerja untuk satu kali peroses . meliputi langkah seperti yang di bawah ini=
    Hisap, kompresi, usaha dan buang,
    Sekian.
    JIMI WALDI ×l tkr

    BalasHapus
  5. Kesimpulan dari saya motor 4 tak adalah motor yg setiap siklusny memerlukan 4 kali langkah piston yg terdiri dari langkah hisap,kompresi,usaha,buang dan 2 kali putaran poros engkol

    BalasHapus
  6. Mohon ijin materi ini saya pakai di kelas saya. Semoga mendapat balasan yang barokah. Terima kasih.

    BalasHapus