Pengertian Dan Fungsi Sistem Pengapian

Pengertian Dan Fungsi  Sistem Pengapian
Mesin bensin bekerja memanfaatkan energi panas dan tekanan yang dihasilkan dari proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang pembakaran. Campuran bahan bakar dan udara yang dikompresikan di dalam ruang bakar memerlukan percikan bunga api busi untuk memulai proses pembakaran. Agar dapat diperoleh energy panas dan tekanan hasil pembakaran yang optimal maka percikan bunga api busi harus terjadi pada saat yang tepat yaitu beberapa derajat sebelum akhir langkah kompresi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dibutuhkan system pengapian pada mesin bensin.

Sistem pengapian adalah sistem yang berfungsi menghasilkan percikan bunga api listrik di busi pada saat yang tepat untuk memulai proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar pada mesin bensin. Untuk mampu melaksanakan fungsinya dengan baik maka sistem pengapian harus memenuhi beberapa hal, antara lain :
1.    Sistem pengapian harus memiliki sumber arus listrik yang memadai selama sistem bekerja.
2.    Sistem pengapian harus menghasilkan tegangan yang tinggi supaya bunga api listrik yang dihasilkan pada celah busi mampu membakar campuran bahan bakar dan udara terkompresi di dalam ruang bakar.
3.    Sistem pengapian harus mampu mendistribusikan tegangan tinggi yang dihasilkan ke tiap-tiap busi sesuai dengan urutan penyalaan pada mesin.
4.    Sistem pengapian harus mampu melayani kebutuhan saat pengapian yang tepat di sesuaikan dengan putaran dan beban mesin.
5.    Sistem pengapian harus memiliki ketahanan yang tinggi terhadap panas dan getaran yang dihasilkan oleh mesin.

Baca Juga :  

Perkembangan teknologi pada kendaraan bergerak sangat pesat. Sistem starter mekanik telah beralih ke elektrik, system pengapian konvensional perpinadahan ke sistem computer, sistem pengisisan regulator mekanik ke sistem pengisian elektronik sekaligus menyearahkan arus listrik. Selain untuk menambah kenyamanan, semua perubahan dan inovasi tersebut dimaksudkan untuk lebih meningkatkan kerja mesin dan efisiensi bahan bakar. Perkembangan-perkembangan teknologi inilah yang dibahas dalam Situs “OtomotifStudi” ini. Semua perkembangan teknologi dari mulai Engine, Sistem Bahan Bakar, Sampai Ke Pengapian Akan di bahas di dalam Situs “OtomotifStudi”.
Untuk posting selanjutnya, OtomotifStudi akan membahas lebih luas mengenai Sistem Pengapian, Cara Kerja, dan Komponenya.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dan Fungsi Sistem Pengapian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel