Macam-Macam dan Fungsi Thermostat Lengkap Beserta Penjelasan Cara Kerjanya

Macam-Macam dan Fungsi Thermostat Lengkap Beserta Penjelasan Cara Kerjanya
Thermostat berfungsi untuk mengatur suhu mesin. Thermostat berperan sebagai kran dengan cara menutup untuk menahan air pendingin agar hanya bersirkulasi pada mesin saat suhunya masih rendah sehingga panas ideal mesin cepat tercapai. Saat suhu kerja mesin tercapai, maka thermostat membuka sehingga air mulai dialirkan ke radiator untuk didinginkan agar suhu mesin tidak melebihi suhu kerjanya, ketika suhu mulai terlalu dingin thermostat kembali menutup, begitu seterusnya sehigga membuat suhu mesin menjadi stabil. 

Ada 2 Macam Thermostat

a. Thermostat tanpa katup bypass

Komponennya 
  1. valve 
  2. cylinder 
  3. wax 
  4. jiggle valve
Thermostat tanpa katup bypass

Pada saat temperatur rendah (mesin dingin). Saluran air ke radiator ditutup oleh thermoth sehingga air akan mengalir dari blok silinder ke pompa melalui saluran bypass Pada saat temperatur tinggi (mesin panas ).
Saluran air ke radiator dibuka (thermostat sudah terbuka) sehingga air akan mengalir:
  • Dari blok silinder ke radiator pompa blok silinder
  • Dari blok silinder melalui saluran bypass pompa blok silinder 

b. Thermostat dengan katup bypass

Komponennya 
  1. Valve 
  2. Cylinder 
  3. Bypass Valve 
  4. Wax 
  5. Jjggle Valve
Thermostat dengan katup bypass

Pada thermostat mobil modern saat ini yang menggunakan katup bypass bekerja serupa dengan thermostat standar tetapi bekerja mengontrol cairan pendingin dengan cara berbeda. Thermostat diatur oleh sumbat lilin (wax) yang memuai jika panas sehingga menggerakkan silinder thermostat dan membuka katup utama. Silinder thermostat juga mengontrol gerakan katup bypass selain membuka katup utama. Prinsip kerja thermostat bypass adalah sebagai berikut: 

Mesin Dalam Keadaan Dingin

Pada kondisi temperatur cairan pendingin saat mesin dingin, katup utama thermostat tertutup oleh tekanan pegas, sedangkan katup bypass pada posisi terbuka. Karena itu, cairan pendingin dapat mengalir bersirkulasi dengan dorongan pompa air melalui blok mesin dan kepala silinder, melalui rangkaian bypass thermostat yang membuka dan kembali pada pompa air sehingga dapat dihasilkan pemanasan mesin yang cepat. 

Mesin dalarn Keadaan Panas

Pada saat mesin mencapai temperatur kerjanya, sumbat lilin (wax) memuai dan menggerakkan silinder thermostat. Maka katup utama thermostat membuka dan pada saat yang bersamaan menutup katup bypass. Air pendingin mengalir melalui rangkaian bypass menjadi tertutup sehingga air pendingin bersirkulasi melalui thermostat menuju radiator dan terjadi penyerapan panas di radiator sebelum kembali lagi ke pompa air dan blok mesin. 

Katup Jiggle 

Thermostat modern kebanyakan dilengkapi dengan katup jiggle atau pembuang udara. Katup ini berfungsi untuk mengeluarkan udara yang terperangkap dalam sistem agar bisa keluar melalui thermostat. Saat cairan pendingin diganti dan thermoth menutup, udara dialirkan dari blok mesin melalui katup jiggle yang membuka. Selama operasi normal katup ini menutup oleh adanya tekanan dan aliran cairan pendingin. 

Catatan: 
Jika posisi thermostat miring, maka posisi jiggle harus ada di sebelah atas untuk menghindari terjebaknya udara di dalam sistem pendinginan. Jika hal ini terjadi, maka mesin akan menjadi panas (over heat).
 Demikianlah Macam-Macam dan Fungsi Thermostat Lengkap Beserta Penjelasan Cara Kerjanya, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam dan Fungsi Thermostat Lengkap Beserta Penjelasan Cara Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel