Penyebab Motor Boros, Kamu Harus Kenali Jenis-Jenis Pembakaran Pada Motor Bensin



Penyebab Motor Boros kamu Harus Mengetahui jenis-jenis pembakaran pada motor bensin - Proses pembakaran pada motor bensin dapat terjadi apabila campuran bahan bakar udara masuk ke dalam silinder, campuran dikompresikan, dan bahan bakar dinyalakan dengan bunga api listrik (busi). Jika pembakaran berlangsung, maka diperlukan bahan bakar dan udara dimasukkan ke dalam silinder dan bahan bakar dipanaskan hingga suhu nyala. Syarat terjadinya pembakaran harus terdapat tiga unsure, yaitu bahan bakar, udara atau oksigen, dan temperature. Tiga unsur ini harus ada pada setiap pembakaran jika salah satu unsur saja hilang maka tidak akan terjadi pembakaran sekalipun unsur yang lain tersedia dengan melimpah. Ada dua kemungkinan yang dapat terjadi pada pembakaran motor bensin, yaitu pertama berubah Pembakaran sempurna atau normal dimana bahan bakar dapat terbakar seluruhnya pada saat dan kondisi beban yang dikehendaki dan kedua berupa pembakaran tidak sempurna atau tidak normal, di mana sebagian bahan bakar tidak ikut terbakar atau tidak terbakar bersama pada saat kondisi yang dikehendaki.

1. Pembakaran sempurna atau normal


Pembakaran sempurna adalah pembakaran di mana bahan bakar dan udara terbakar seluruhnya tanpa sisa sedikitpun pada saat dan keadaan yang dikehendaki. Dalam kenyataannya pembakaran yang benar-benar tidak menghasilkan zat sisa ini sangat sulit terjadi, tetapi selalu diusahakan agar mendekati Pembakaran sempurna Agar zat sisa pembakaran yang mengotori udara seminimal mungkin. Mekanisme Pembakaran sempurna terjadi dalam beberapa tahap. Tahap pertama adalah timbulnya loncatan bunga api pada busi, lalu api membakar campuran bahan bakar dan udara yang berada di sekelilingnya dan menjalar sampai semua partikel campuran bahan bakar dan udara terbakar habis. Peristiwa ini terjadi pada saat langkah kompresi. Tekanan gas maksimal hasil pembakaran terjadi beberapa beberapa saat setelah piston melewati TMA (titik mati atas).

2. Pembakaran tidak sempurna (Autopreignition)
Pembakaran tidak sempurna merupakan proses pembakaran di mana sebagian bahan bakar tidak diikut terbakar atau tidak terbakar bersama pada saat keadaan yang dikehendaki. Bila oksigen dan hidrokarbon tidak bercampur dengan baik, maka akan terjadi proses pembakaran tidak normal timbul asap pembakaran semacam ini disebut pembakaran tidak sempurna. Akibat pembakaran tidak sempurna ada dua yaitu detonasi dan prepreignition.
a. Detonasi/knocking
Pada pembakaran sempurna seluruh pembakaran gas dikendalikan oleh api yang berasal dari busi. Pada saat akhir langkah kompresi busi memercikan bunga api, dan api menjalar keseluruh ruang bakar. Pada detonasi ketika api dari busi menjalar ada sebagian gas yang terdesak sehingga tekanan dan temperatur mencapai keadaan hampir terbakar. Jika pada saat tersebut gas terbakar maka akan terjadi ledakan dan akan terdengar suara ketukan dari mesin. Suara detonasi atau knocking dapat dikenali dengan terdengarnya suara ketukan atau logam yang dipukul-pukul dari dalam mesin dan daya mesin pada saat turun. Jika detonasi atau knocking terjadi terlalu sering, maka dapat memperpendek usia mesin. Terutama pada piston dan batang piston yang terkena langsung dampak dari pembakaran ini. Detonasi terjadi diakibatkan beberapa hal yang bukan hanya karena kualitas bahan bakar saja, tetapi konstruksi mesin yang kurang tepat juga dapat menyebabkan detonasi.

b. Preignition/dieseling
Pembakaran prepreignition gejalanya hampir sama dengan detonasi, hanya saja pada pembakaran preignition gas terbakar justru sebelum busi memercikan bunga api. Gas bahan bakar terbakar dengan sendirinya, akibat dari tekanan kompresi yang terlalu tinggi tekanan ini menyebabkan temperatur gas naik dan membakar gas dengan sendirinya dengan kata lain preignition adalah pembakaran yang terjadi sebelum waktu yang dikehendaki tiba. Peristiwa preignition mirip dengan terjadinya proses pembakaran pada motor diesel.

Baca Juga :
3. Pembakaran tidak lengkap

Pembakaran yang sempurna pada motor bensin terjadi jika pembakaran dimulai dari busi, di mana semua hidrogen dan oksigen terbakar tanpa sisa, tetapi pada pembakaran tidak lengkap ada sebagian oksigen atau hidrogen yang tidak ikut terbakar. Sehingga sisa pembakaran ini dibuang ke udara bebas dan menimbulkan polusi udara.

Nah itulah jenis-jenis pembakaran yang menyebabkan motor/mobil irit atau boros. juga menyebabkan komponen mesin awet atau malah memperpendek usia komponen mesin.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Motor Boros, Kamu Harus Kenali Jenis-Jenis Pembakaran Pada Motor Bensin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel