3 Cara Ampuh Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup

cara Ampuh mengatasi motor tidak bisa hidup
3 Cara Ampuh Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup - Saat anda menemukan artikel ini melalui bantuan mesin pencarian terbesar di dunia yaitu Google, saya sudah tahu masalah apa yang sedang anda hadapi saat ini. Ya, benar bukan? ternyata masalah yang sedang anda hadapi saat ini adalah motor anda mogok tidak mau hidup. Apalagi jika motor anda mogok di tengah jalan dan jauh dari bengkel motor. Okey setelah mbah Google membantu anda menemukan artikel ini, sekarang tinggal saya yang mencoba membantu masalah yang sedang anda hadapi saat ini. Apakah motor anda bebek, matic, sport, baik 2 tak maupun 4 tak, inti dari prinsip kerja motor bisa hidup hanya 3. Yaitu Pertama Bahan bakar, antara lain bahan bakar, tangki & selang bahan bakar, dan karburator.  Kedua, Pengapian, antara lain Spull, CDI, Koil, Busi. Dan Ketiga Antara lain Kompresi, lemahnya kompresi di sebabkan beberap parts seperti Klep, Ring Piston, Piston dan Boring sudah aus. Okey langsung saja mungkin anda sedang buru-buru atau bahkan panik karena motor anda mogok tidak mau dihidupkan sama sekali, maka dari itu saya akan langsung membahas bagaimana cara memperbaiki motor mogok tidak mau hidup.

Pertama, Bahan Bakar. Saat ini untuk sepeda motor sudah banyak pilihan, bukan hanya premium dan pertamax saja, tapi ada pertalite dan pertamina dex. Pada tahap ini yang perlu anda periksa adalah pastikan bahan bakar pada tangki motor anda cukup, selanjutnya periksa selang bahan bakar apakah ada sumbatan atau selang terlepas dan pastikan bahan bakar benar-benar masuk ke karburator. Cara memeriksanya adalah dengan membuka baut pembuangan bahan bakar terletak baut paling bawah pada karbutor. Putar saja kekiri sampai ada tanda-tanda bahan bakar keluar, ini juga berfungsi kalau di dalam karburator terdapat campuran air bisa dan di buang. Selanjutnya kita cari tahu masalah lain Penyebab Gangguan Pada Sistem Bahan Bakar Bensin dan Cara Memperbaikinya.

Kedua, Pengapian. Pada setiap motor saat ini pasti memliki pengapian antara lain, Spull, CDI, Koil dan Busi. Pada tahap ini anda memeriksanya harus benar-benar teliti untuk hasil yang akurat. Pemeriksaan pengapian di mulai dari memeriksa spull, apakah lemah atau bahkan mati total. Cara  memeriksanya adalah dengan memeriksa kabel hitam-merah apakah ada apinya atau tidak. Langkah selanjutnya memeriksa kondisi CDI dengan cara memeriksa jalur api yang keluar dari CDI/jalur kabel dari CDI menuju koil. Pada motor yamaha dan suzuki warnanya orange tapi pada motor honda warna kabelnya hitam-kuning. Setelah anda memastikan kondisi CDI masih baik, langkah selanjutnya adalah memeriksa Koil pada kabel yang terhubung langsung dengan busi. Dan langkah terakhir adalah memeriksa busi apakah percikan apinya masih bagus. Untuk masalah motor mati yang tidak mau hidup sama sekali, biasanya spull mati atau busi mati. Karena untuk CDI dan koil saat mau mati biasanya memberikan tanda jauh-jauh hari sebelum mati total, seperti motor brebet dan kadang motor mati saat mesin panas. Baca : Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup? Ini Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya. Jika motor benar-benar tidak mau hidup sama sekali, masalah pada komponen pengapian kemungkinan besar adalah spull dan busi. Jika businya yang mati anda harus berbahagia karena anda cukup membelinya dengan yang baru seharga Rp 15.000an. Tapi jika spull yang benar-benar mati, yah anda harus siap-siap untuk mengeluarkan kocek agak dalam. Untuk harga spull stiap merk dan tipe kendaran berbeda-beda.Untuk gambaran saja harganya sekitar 250rb.

Ketiga, Kompresi. Jika anda sudah memeriksa tahap pertama dan kedua, selanjutnya anda memeriksa pada tahap ketiga ini yaitu kompresi. Cara memeriksanya adalah pastikan busi sudah di lepas, tekan lubang busi dengan salah satu jari anda, lalu engkol kick starter beberapa kali. Jika tekanan udaranya besar berarti kompresinya bagus, namun jika lemah berarti ada beberapa komponen seperti Klep, Ring Piston, Piston dan Boring sudah aus. Hmmm jangan pusing dulu jika motor anda kompresinya lemah, mungkin saja masih ada keajaiban untuk anda. Karena sebenarnya saat motor lemah atau tidak ada kompresi, tidak selalu komponen yang di sebutkan di atas telah aus. Tetapi bisa juga terjadi karena pada saat langkah kompresi, klep masuk dan klep buang tidak tertutup dengan sempurna, penyebabnya adalah adanya kerak atau kotoran yang menempel pada bibir klep. Cara melepas atau mengeluarkan kotoran tersebut adalah dengan cara memasukkkan oli pada lubang busi, lalu engkol kick starter beberapa kali sampai oli yang anda masukkan tadi keluar. langkah ini membuat kotoran yang menempel pada bibir klep terlepas dan keluar bersama oli yang anda masukkan tadi.

Baca Juga :
Semoga tahap-tahap diatas benar-benar bisa mengatasi motor anda yang mogok tidak mau hidup saat. Jika ada pertanyaan atau masukkan, anda bisa ajukan pada kolom komentar di bawah dan jika anda rasa informasi ini bermanfaat anda bisa bagikan artikel ini. Terimakasih, hati-hati saat berkendara, salam untuk keluarga anda di rumah. Sampai ketemu di postingan selanjutnya.

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Ampuh Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel